RIHLAH TA’ABUDIYAH, kenalkan IQMA di Alam Terbuka

  • 0

RIHLAH TA’ABUDIYAH, kenalkan IQMA di Alam Terbuka

Category : BERITA TERKINI , update

Iqmauinsa.com– Semangat menumbuhkan generasi qur’ani mengharuskan IQMA berusaha membuat program – program yang mengarah pada moto IQMA tersebut, salah satunya adalah dengan mengadakan Rihlah Ta’abudiyah IQMA 2017. Masih merupakan kelanjutan dari MOCA, Rihlah yang bertema Meningkatkan Solidaritas, Membangun Karakter Qur’ani, menuju Generasi Berkemajuan ini bertujuan untuk  membekali calon anggota baru tentang lima bidang yang ada IQMA.

Rihlah diadakan pada tanggal 20 – 22 Oktober 2017 di bumi perkemahan MAHANAIM Prigen Pasuruan. Acara tersebut diawali dengan opening ceremony dan kontrak forum di aula bumi perkemahan.  Berbagai kegiatan dilaksanakan mulai dari materi ke-iqmaan, konsolidasi bidang, senam vocal, jelajah malam, inagurasi, outbond, dan juga pembaiatan anggota IQMA 2017. Rihlah ini merupakan diklat outdoor setelah dua minggu yang lalu calon anggota mengikuti diklat indoor (MOCA). “Kegiatan yang dilaksanakan di alam terbuka tersebut membuat kita semua menyatu dengan alam, nyaman, dan memberi kesan orientasi yang menyenangkan, fresh, dan tidak membosankan,” Ujar Tofan selaku ketua Acara Rihlah 2017.

Kegiatan yang diikuti oleh 381 peserta tersebut berlangsung cukup lancar. Peserta cukup antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan rihlah kali ini. Maftuch Hanan, salah satu peserta rihlah dari bidang sholawat mengaku senang mengikuti kegiatan rihlah dari awal sampai akhir. “Dari awal sampai akhir saya merasa senang mengikuti rihlah disini, banyak ilmu yang saya peroleh. Cuma satu, saat prosesi pembaiatan saya capek sekali menunggu berjam-jam di lapangan,” ujarnya. Pembaiatan IQMA berlangsung setelah kegiatan jelajah malam pada pukul 03.25 WIB. Jumlah peserta yang cukup banyak ini menyebabkan peserta menunggu giliran untuk jelajah malam, sehingga untuk melakukan prosesi pembaiatan, peserta harus menunggu peserta yang lain kembali dari jelajah malam.

Pada akhir acara juga diadakan pemilihan pak RT dan bu RT IQMA angkatan 2017. Terpilih M. Fahmi Alawy mahasiswa PAI semester 3 sebagai pak RT, dan Alma’atus Fahyuni mahasiswi PAUD semester 1 sebagai bu RT. “Pemilihan tersebut bertujuan untuk mempermudah komunikasi antar anggota IQMA angkatan 2017, sehingga informasi dan silaturahim selalu berjalan baik,” ucap salah satu SC Morih 2017.

“Saya sangat senang karena Rihlah tahun ini peserta banyak dan berjalan cukup lancar. Semoga Rihlah nantinya semakin lebih baik dan lebih baik lagi. Saya mengucapkan selamat datang kepada anggota baru IQMA 2017. Semoga selalu istiqomah dalam belajar dan senantiasa meningkatkan kualitas yang dimiliki,” jelas ketua umum IQMA, M. Ainul Yaqin. (lit)


Leave a Reply